SELAMAT DATANG DI FADILAHBJB.BLOGSPOT.COM SEMOGA APA YANG ADA DI DALAMNYA DAPAT MEMBERI MANFAAT

Minggu, 28 Maret 2010

FUNGSI-FUNGSI MICROSOFT EXCEL

1. PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga seperti halnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akuntan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel .

2. FUNGSI-FUNGSI MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
=SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan
Contoh :Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
=COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan counter
Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai
berada di sel B5 sampai sel B15
=MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari
sederetan
Penulisan : =MAX(F1:F17)
=MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan
Penulisan : =MIN(F1:F17)
=AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
=ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari
Penulisan : =ABS(F17)
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11)  26887 hari
=VLOOKUP.
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertical.
=HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal.
=LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebelah kiri .
=RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar